Jumat, 24 Maret 2017

Jenis Gangguan Keamanan Jaringan

.
Jenis Gangguan Keamanan Jaringan
 
 a.Hacking, 
    berupa pengrusakan pada infrastruktur jaringan yang sudah ada, misalnya  pengrusakan pada sistem dari suatu server.  
b.Physing, 
   berupa pemalsuan terhadap data resmi dilakukan untuk hal yang berkaitan dengan pemanfaataanya.  
c.Deface, 
   perubahan terhadap tampilan suatu website secara illegal.Carding, pencurian data terhadap identitas perbankan seseorang, misalnya pencurian nomor kartu kredit, digunakan untuk memanfaatkan saldo yang terdapat pada rekening tersebut untuk keperluan belanja online. 
d.Carding, 
   pencurian data terhadap identitas perbankan seseorang, misalnya pencurian nomor kartu kredit, digunakan untuk memanfaatkan saldo yang terdapat pada rekening tersebut untuk keperluan belanja online. 
 
Tips Keamanan Jaringan
  
  a.Gunakan AntiVirus Tentu saja hal ini yang paling penting. Antivirus yang akan mencegah berbagai macam virus komputer. Gunakan antivirus yang sesuai dengan spesifikasi pada jaringan komputer. Dan update antivirus, agar antivirus dapat mendeteksi virus- virus baru. 
 
 b. Hati-hati saat browsing Kebanyakan pathogen internet menyebar dari situs porno maupun mp3 ilegal, program  bajakan dsb. Jika tidak mau terkena pathogen, jangan mengunjungi situs tsb. Ini cara terbaik dalam mencegah pathogen komputer.
 
c. Update Komputer. Jangan lupa untuk selalu mengupdate apapun demi keamanan komputer. Bukan hanya antivirus saja yang diupdate. Semuanya saja, baik itu Operating Systemnya, software yang terinstall maupun driver. 2.
 
Kebijakan Pengguna Jaringan Kebijakan Organisasi Kebijakan Organisasi, Instansi atau lembaga dalam ruang lingkup keamanan jaringan untuk akses pada sistem jaringan di tempat tersebut Contoh Kebijakan Organisasi :

 
-Tata kelola sistem komputer
 
-Pengaturan kerapian pengkabelan
 
-Pengaturan akses wi-fi
 
-Manajemen data organisasi
 
-Sinkronisasi antar sub-organ
 
-Manajemen Sumber Daya
 
-Maintenance & Checking berkala Etika menggunakan Jaringan computer
 
-Memahami Akses Pengguna
 
-Memahami kualitas daya Organisasi
 
-Pengaturan penempatan sub-organ

1 komentar: